do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Tips Mengurangi Biaya Saat Hendak Memulai Bisnis

Banyak para pengusaha memimpikan kantor yang keren, peralatan terbaru, dan karyawan yang pintar ketika mereka merencanakan perusahaan pertama mereka. Satu-satunya masalah adalah bahwa sebuah perusahaan atau bisnis baru faktanya jauh dari impian tersebut pada awalnya. Sebuah bisnis baru membutuhkan kerja keras, usaha yang ikhlas, dan pengurangan biaya.
Penting bagi kita untuk memperhatikan berapa banyak biaya yang dikeluarkan. Kita harus melacak semua pengeluaran dan menguranginya jika memungkinkan.
Berikut tips mengurangi biaya dalam membangun bisnis
Bekerja dari rumah
Pasti kita menginginkan ruang kantor yang lengkap. Tapi, sebaiknya tahan dulu. Membeli atau menyewa kantor membutuhkan jumlah investasi yang banyak. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai bisnis mulai menghasilkan uang.
Mulailah bisnis dari rumah. Cara seperti ini dapat memangkas biaya yang besar sehingga mempermudah usaha kita mencapai break even di awal tahun. Kita bisa menyewa ruang kantor di hari-hari atau minggu-minggu tertentu untuk bertemu dengan klien.
Jangan buru-buru merekrut
Meskipun jauh lebih mudah untuk mengelola pekerjaan ketika kita memiliki sebuah tim profesional, namun hal tersebut akan meningkatkan pengeluaran. Gaji bisa menambah biaya pengeluaran dengan cepat bagi sebuah bisnis yang baru dibangun. Jika kita tidak nyaman mengerjakan segalanya sendiri, cara paling cerdas adalah dengan meng-outsource ke profesional. Dengan cara itu, kita hanya membayar bagi pekerjaan yang benar-benar tidak bisa kita kerjakan sendiri.
Lebih baik sewa daripada beli
Jika bisnis kita membutuhkan mesin berat untuk pekerjaan tertentu di hari-hari tertentu, membeli menjadi keputusan yang boros. Untuk situasi seperti itu, menyewa lebih baik daripada membeli. Cara yang sama bisa berlaku juga untuk perabot kantor seperti sofa, meja, dan kursi. Dengan menyewa, kita bisa menginvestasikan biaya untuk hal lain yang lebih berguna.
Dapatkan saran cuma-cuma
Pengetahuan dan kesadaran di dalam sebuah industri sangatlah penting bagi para pengusaha pemula. Menghadiri konferensi, seminar, dan acara-acara tertentu bisa membantu para pengusaha pemula untuk mendapatkan pengetahuan, mentor, dan jaringan yang berguna untuk mengembangkan bisnisnya.
Pengusaha pemula juga bisa bergabung dengan forum online dan mengikuti berita terbaru terkait bidang bisnis yang digeluti. Sering kali kita bisa mendapatkan nasihat terbaik secara cuma-cuma ketika kita berhubungan dengan orang yang tepat.
Pastikan nilai terbaik untuk uang
Pilihan termurah sering kali tidak menjamin nilai terbaik bagi uang kita. Jangan memilih layanan outsource atau produk termurah. Pertimbangkan juga kualitas dan biaya untuk mendapatkan nilai terbaik bagi uang kita.
Dalam membangun bisnis, jangan sampai kita menyia-nyiakan uang untuk sesuatu yang berlebihan dan tidak memberikan dampak baik bagi bisnis. Sebaliknya, investasikan uang kita untuk sesuatu yang menguntungkan usaha kita dalam jangka panjang. (bn/marketing.co.id)
Posting Komentar