do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 28 Oktober 2013

tips Tetap Bersemangat di Tengah bisnis

Tetap bersikap positif dalam lingkungan yang negatif bisa mengubah tak hanya bisnis Anda secara umum tetapi juga kehidupan Anda secara keseluruhan.

Daripada mengeluh saat sebuah masalah menerjang, yakinlah bahwa bisnis Anda bisa memperbaiki keadaan jika sudut pandang yang digunakan tetap jernih. Masalah-masalah lama menjadi tantangan bagi para entrepreneur bersamaan dengan saat Anda menemukan solusi baru. Kemudian saat Anda mencapai tujuan yang diinginkan, pastikan itu karena gaya hidup dan kerja Anda yang positif dan bermanfaat. Katakan, Terimakasih! dan pancarkan aura dan semangat positif yang bisa Anda saat memimpin perusahaan Anda dengan melayani orang lain. Dan yang paling mengejutkan, siklus bekerja secara positif ini dimulai dan Anda akan menemukan bahwa akan ada semakin banyak hal positif yang Anda terima dalam kehidupan dan lingkungan.

Latihlah pikiran Anda untuk berpikir positif. Anggap saja pikiran sebagai otot yang membutuhkan penguatan secara teratur. Pikiran yang cenderung kurang sehat dan seimbang akan berimbas pada kinerja seara keseluruhan. Pikiran Anda akan membeku , sebuah bekas luka mental akan terbentuk dan Anda menjadi lebih rapuh saat harus menghadapi tantangan. 

Perbaikan mental kemudian dipandang perlu untuk menghilangkan jaringan luka dari pikiran negatif yang mendorong Anda utuk berperilaku kurang sehat dalam bisnis Anda.Mengapa Anda menjadi rapuh? Beginilah cara kerjanya. Amatilah bagaimana iklan kudapan di TV mempengaruhi Anda. Anda tidak lapar sebelumnya, tetapi setelah tiba-tiba melihat iklan itu, Anda menjadi lapar dan berjalan ke dapur mencari makanan. Kekuatan sugesti itu begitu hebat. Pikiran Anda menerima kesan, mengaktifkan perasaan lapar, dan memicu kaki untuk melangkah. Anda sungguh tidak berpikir mendalam tentang itu, tetapi begitu saja terjadi. Tetapi bagaimana jika Anda berusaha memfokuskan pikiran Anda? Bagaimana jika Anda membuat sebuah keputusan secara sadar untuk mengurangi kudapan saetelah makan besar? Pikiran Anda akan terbentuk dengan baik, prioritas Anda yang masuk akal dan lebih baik akan mengambil alih meskipun iklan tersebut sudah Anda saksikan.

Namun mungkin Anda berpikir, Bukan hal yang mudah untuk fokus pada pikiran, terutama saat berhubungan dengan bisnis yang saya kerjakan.

Sebenarnya mudah. Pikiran anda dibuat sedemikian rupa untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu saja. Pikiran Anda fokus pada sesuatu setiap menit setiap hari. Pertanyaannya bukan Bisakah kita memfokuskan pikiran kita? tetapi Pada hal apa pikiran kita terfokus?.

Tidak bisa disangkal bahwa dunia ini dipenuhi dengan energi mental negatif. Anda tidak bisa begitu saja mengingkari keberadaan suasana negatif ini dan mengharapkan suasana positif untuk muncul. Namun Anda bisa memutuskan bagaimana memfokuskan energi Anda sendiri.

Asumsikan pilihan Anda seperti ini: burung pemakan bangkai terbang rendah mengitari bangkai di sebuah gurun sementara burung hummingbird terbang di gurun yang sama tetapi tengah mencari bunga untuk dihinggapi atau pohon kaktus atau sebuah sumber air. Burung nazar pemakan bangkai dan hummingbird berada di satu gurun yang sama tetapi yang satu mencari kematian dan yang lainnya mencari kehidupan.

Itulah yang bisa kita petik dari analogi ini, sehingga kita bisa melihat pada keseharian dan lingkungan kita sekarang dengan lebih jernih. Saat kita terbang dalam sebuah lansekap bisnis yang mengelilingi kita, kita mencari sesuatu. Kita memilih hal yang kita cari, apakah itu kematian atau kehidupan, kegagalan atau keberhasilan, kekalahan atau kemenangan, semangat yang positif atau kelesuan yang negatif. Kemudian kita menjalani pilihan itu.
Anda bisa memilih untuk berpikir tentang sifat-sifat terbaik dalam bisnis kita, bukan yang terburuk, hal-hal yang menjadi kelebihan para karyawan yang patut untuk dipuji, bukan hal yang harus dikutuk, cara terbaik yang digunakan konsumen saat membeli dan menggunakan produk Anda, bukan cara lain yang kurang baik yang meminta pengembalian uang.Misalnya, cukup mudah bagi kita untuk memnuhi benak kita dengan hal-hal yang tidak bisa kita lakukan. Itu hanya akan menjadi beban pikiran yang tak kunjung teratasi.

Kini, kita bisa berkata pada diri kita sendiri, Selalu akan ada sesuatu hal yang saya pasti tak bisa melakukannya dengan baik. Alangkah bijaknya jika saya lebih baik memfokuskan diri pada hal-hal yang saya bisa lakukan sekarang ,daripada menghabiskan waktu dan tenaga meratapi hal yang tak bisa saya lakukan.

Manusia pada umumnya lebih tersedot perhatiannya pada sesuatu yang tak bisa mereka lakukan. Karena pikiran selalu ingin fokus pada sesuatu. Dan saat kita memilih fokus yang salah, kita akan kehabisan waktu dan tenaga dengan cara yang kurang tepat.

Akan lebih bijak dan lebih produktif untuk memusatkan pikiran kita kepada hal-hal yang bisa kita lakukan. Anda tak perlu khawatir harus bisa melakukan sesuatu dengan sempurna pada saat pertama kali mencoba. Namun, menemukan sesuatu yang Anda bisa lakukan yang berhubungan dengan pekerjaan dan berfokus pada prestasi tersebut menciptakan sebuah persepsi positif dalam benak Anda. persepsi positif itu kemudian bisa menjadi tenaga pendorong yang melepaskan kekangan terhadap imajinasi Anda. Saat terbebas, imajinasi kreatif akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan yang semula terkesan sulit. Dengan tenaga pendorong yangdemikian tinggi, imajinasi Anda akan melejit demikian tinggi dalam bisnis Anda.
Dengan melatih pikiran agar tetap positif dan berfokus pada kegiatan yang memperkaya kita, tidak akan mustahil jika sesuatu yang terlihat mustahil di awalnya bisa menjadi lebih mudah dilakukan. (*AP)
Posting Komentar