do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Usaha Itu Ibarat Kendaraan, Harus Selalu Dirawat dan Dikontrol

Menjalankan bisnis itu layaknya merawat serta menjalankan sebuah kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat. Semua bagian kendaraan harus dikontrol, dirawat, dan bila perlu diganti agar bisnis tetap terkendali. Atau ketika sedang mengendarai kendaraan, kita harus memiliki kewaspadaan tinggi. Lengah sedikit saja, kendaraan akan berbenturan alias bertabrakan. Akibatnya, kendaraan rusak dan hancur. Analogi inilah yang juga harus kita terapkan dalam berbisnis.
Nah, tips berikut akan memaparkan empat hal penting yang harus selalu dikontrol saat Anda menjalankan sebuah roda bisnis:
1.Keuangan
Karena keuangan adalah yang paling dan sangat penting. Namun dalam keuangan yang terpenting adalah dengan Anda mengontrol Cash Flow (Uang Masuk/ Cash In & Uang Keluar/ Cash Out). 
Sebisa mungkin Anda harus lebih banyak Cash In, daripada Cash Out. Karena jika terjadi Cash Out yang lebih besar, maka bisnis Anda akan merugi. Lalu bagaimana jika keuangan Anda berhenti di piutang.
Yang harus Anda lakukan adalah menagihnya, karena jika Anda menghutangi orang terus menerus dan utang orang tersebut semakin besar, Orang tersebut akan keenakan dengan apa yang Anda kasih kepada orang tersebut.
Lalu bagaimana jika Anda menagih utang kepada orang tersebut dan kemudian orang tersebut tidak mau mengambil produk di tempat Anda lagi atau tidak mau berbisnis dengan Anda kembali.
Jika ini terjadi, seharusnya Anda senang. Karena Anda tidak perlu menanggung beban yang akan memberatkan Anda.

2.Transaksi
Pada waktu transaksi, proses serah terima maupun tanda terimanya seperti apa. Itu yang harus Anda kontrol. 

3.Stok
Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol stok:
a. Cobalah Anda stok barang yang mempunyai harga paling mahal.
b. Stok barang yang sering hilang
c. Stok barang yang mudah untuk dicuri.
d. Random, yang dimaksudkan di sini adalah melakukan stok secara acak.
e. Stok barang retur, jika Anda sering menerima barang yang retur, ini harus Anda stok juga. Karena barang retur biasanya sering hilang.

4.Kedisiplinan
Hidup akan lebih enak jika diri sendiri yang mengawasi Anda, dibandingkan ada orang lain yang mengawasi diri Anda. (bn/dari berbagai sumber)
Posting Komentar