Bisnis tidak bisa lepas dari inovasi. Inovasi sangat diperlukan bagi
perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang. Ide-ide baru untuk
inovasi itu bisa datang dari mana saja, baik dari Anda sebagai pemilik,
konsumen, bawahan, atau siapa saja.
Berikut ini adalah beberapa tips cara mengelola ide-ide tersebut, seperti yang dilansir laman Entrepreneur.com:
Jika menemukan ide, segera diskusikan
Setiap
kali Anda mendapat ide baru, selalu diskusikan hal tersebut kepada
pihak-pihak yang terkait, misalnya partner bisnis dan bawahan. Pastikan
diskusi berjalan dinamis, sehingga terbuka untuk masukan, saran, dan
kritik. Anda juga bisa menggunakan forum online untuk bisa mendapat
masukan dari konsumen. Cara ini bisa membuat konsumen merasa terlibat
dan suara mereka didengar.
Memberi label daftar ide
Setelah
Anda menuliskan ide-ide tersebut, kemudian kelompokkan dalam beberapa
label atau kategori. Cara ini untuk melihat mana ide yang paling sesuai
dengan bisnis Anda. Selain itu, dengan mengelompokkan ide ke beberapa
bagian juga bisa membantu Anda untuk lebih kreatif dan mencari ide lain.
Delegasikan tugas
Untuk
setiap daftar ide, Anda harus bisa mendelegasikan tugas kepada bawahan
agar mereka bertanggung jawab terhadap bagian tersebut. Hal ini sangat
penting, karena untuk membuat sebuah perusahaan berinovasi, para
pekerjanya harus diberikan motivasi dan salah satunya adalah dengan
memberi tanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar