do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

3 Tips Kuasai Ketrampilan Baru bagi Entrepreneur

Luasnya cakupan entrepreneurship membuat kita harus belajar banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Tentu ini merupakan tantangan yang demikian besar bagi siapa saja yang berniat menjadi entrepreneur. Mereka harus berani menerobos zona nyaman dengan mempelajari banyak ketrampilan dan pengetahuan baru yang sama sekali tidak berhubungan atau lain dengan bidang keilmuan atau ketrampilan yang sudah digeluti selama ini.
Upaya untuk memperkaya kualitas diri memang tidak terelakkan bagi seorang entrepreneur agar diri dan bisnisnya senantiasa maju dan berada di depan pesaing. Namun, apapun ketrampilan yang Anda ingin kuasai, bagaimanakah caranya untuk memulai? Berikut adalah 3 poin umum yang menurut Amy Gallo dapat Anda aplikasikan saat harus mempelajari sebuah ketrampilan yang sama sekali baru.
Pertama-tama, jangan segan memulai dari yang kecil dan sepele. Belajar ketrampilan yang baru memang membutuhkan kesabaran dalam menghadapi tekanan yang datang. Anda bisa saja merasa kewalahan atau tidak sanggup menghadapinya. Jangan cemas, semua orang mengalami hal itu terlepas dari tingkat kecerdasan intelejensi, emosional, spiritual dan sebagainya. Fokus saja pada satu hal dan bagilah menjadi sejumlah tujuan yang lebih kecil dan dapat dicapai dengan lebih mudah. Misalnya, jika Anda mencoba menjadi lebih asertif, cobalah bicara dalam sebuah rapat untuk mengemukakan pendapat dan keberatan Anda. Dan lihatlah apa yang terjadi dengan mereka yang mendengarkan Anda. Anda akan mendapatkan apresiasi lebih tinggi karena keberanian mengemukakan pendapat yang memang memiliki dasar dan pembenaran yang objektif.
Kedua, pikirkan mengenai hal yang Anda sedang pelajari agar ketrampilan baru yang Anda pelajari itu mudah terserap. Selalu catat kemajuan Anda dan diskusikan kemajuan Anda dengan orang lain yang juga menekuni ketrampilan serupa dan lebih berpengalaman. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan masukan positif, membuat diri Anda bertanggung jawab atas kemajuan atau kemunduran Anda, dan mengokohkan perubahan positif yang sedang Anda pupuk.
Ketiga, ajarkan ketrampilan baru yang Anda sedang pelajari pada orang lain di sekitar Anda. Salah satu cara tercepat untuk belajar sesuatu yang baru dan mempraktikkannya ialah dengan menunjukkan pada orang lain yang belum mengetahuinya cara melakukannya dengan benar sesuai apa yang sudah Anda pelajari. Bagikan apa yang sudah Anda pelajari dengan tim Anda, rekan, pasangan, atau teman, bahkan kenalan. (HBR/*Akhlis)
Posting Komentar