Untuk menjalankan bisnis, ada banyak aspek yang perlu kita
persiapkan. Berikut lima hal mendasar yang harus kita perhatikan agar
laju usaha bisa maksimal, menurut Melinda Emerson "SmallBizLady", pakar
bisnis sekaligus pembicara terkemuka dari AS.
Datanglah 15 menit lebih awal jika ada pertemuan bisnis.
Datang
tepat waktu berarti "terlambat". Jam rehat sebelum acara dimulai adalah
waktu paling tepat untuk mencari kenalan baru untuk bisnis. Setelah
acara dimulai, Anda hanya dapat jaringan dengan delapan atau sembilan
orang lain di meja Anda.
Jangan memaksa orang yang tidak bisa berkata YA
Jadikan
ia sebagai teman. Sering kali, kita menemui "penjaga gerbang" yang bisa
mempersulit kita untuk bertemu dengan para pengambil keputusan. Mereka
bisa dari petugas keamanan, resepsionis, sekretaris, atau manajer level
menengah. Jika menghadapi mereka, jangan sampai melakukan tindakan yang
menunjukkan rasa tidak hormat kepadanya. Sebab, memang sudah tugas
merekalah untuk menyaring tamu yang akan menemui bos mereka.
Untuk
itu, usahakan Anda memiliki banyak kontak yang bisa membuka jalan
menemui para pengambil keputusan. Jika memungkinkan, jadikan mereka
sebagai teman. Buatlah suasana akrab dengan pegawai di berbagai lapisan
di sebuah perusahaan yang akan kita bidik jadi rekanan atau klien kita.
Apabila hal tersebut bisa kita lakukan, niscaya mereka pun tak akan
segan untuk membantu kita, bahkan memberikan informasi yang kita
perlukan untuk memudahkan langkah deal bisnis kita.
Jangan pernah memulai pekerjaan sebelum adanya tanda tangan kontrak bisnis
Sebagai
pemilik usaha kecil, kadang-kadang kita merasa sangat antusias ketika
seorang klien memberitahu bahwa ia akan memakai jasa atau membeli barang
kita. Akibatnya, tanpa sadar, saking semangatnya, kita langsung bekerja
sebelum ada surat perintah kerja (SPK) yang bisa jadi acuan sesuai
nilai kontrak.
Carilah siapa orang-orang "cadangan" yang bisa didapat untuk membantu bisnis
Kita
harus menyadari bahwa orang terbaik kita suatu saat pasti meninggalkan
kita dengan berbagai alasan. Dari ingin mandiri hingga mendapat
pekerjaan lain yang memberikan remunerasi lebih tinggi. Untuk itu,
cobalah selalu cari dan siapkan SDM lain yang kira-kira bisa dan mumpuni
untuk menjadi pengganti orang-orang andalan di bisnis kita.
Ketahui persis berapa keuntungan yang bisa didapat dari setiap kontrak bisnis
Karena
itu, kita wajib mengetahui dengan persis berapa uang yang kita hasilkan
dari setiap aspek yang muncul dalam kontrak. Ada kalanya memang kita
harus menyiapkan dana ekstra sebelum mendapatkan bayaran dari kontrak
kerja yang dipercayakan kepada kita. Namun, sebisa mungkin, jangan
sampai kita kelamaan menalangi sehingga hal itu tidak mengganggu
cashflow. Jangan lupa, pastikan juga Anda menghitung benar-benar detail
sampai ke hitungan seperti biaya tenaga, biaya administrasi, bahkan
hingga ke transportasi untuk menjalankan usaha. Dengan detail yang sudah
Anda persiapkan, maka ada banyak aspek yang bisa kita hitung sehingga
benar-benar bisa mengetahui tingkat keuntungan yang bisa didapatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar