do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

5 Sumber Utama Pendanaan UMKM

Memulai usaha kecil tidak selalu mudah. Anda harus menghasilkan uang sendiri dan berbagi keuntungan dan bahkan kerugian dengan orang lain yang bekerjasama dengan Anda. Di samping itu, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik saat Anda bisa menjalani semua proses. Berikut adalah sejumlah sumber pendanaan yang bisa dipertimbangkan.
Investor dan mitra
Anda bisa memisahkan urusan bisnis dengan teman tepercaya atau keluarga. Mereka akan berperan sebagai mitra. Dalam kasus ini, mereka akan menginvestasikan dana mereka pula. Mereka juga akan membantu Anda membuat berbagai keputusan. Atau Anda bisa membuat sebuah perjanjian bisnis bahwa mereka akan menjadi investor Anda dan Anda akan membuat keputusan dengan persetujuan mereka.
Teman sebaya
Inilah solusi yang umum. Anda akan memiliki investor juga namun umumnya mereka menjadi orang asing, yang belum akrab dengan Anda. Mereka akan mempercayakan dana mereka untuk ditanam di bisnis Anda dengan harapan menuai untung. Keuntungan bagi Anda sebagai entrepreneur ialah tingkat bunganya yang tak setinggi bank. Di samping itu, orang-orang ini akan bersedia membantu Anda mempromosikan bisnis Anda. Mereka menghendaki kenaikan jumlah laba nantinya.
Pinjaman dari bank non-komersial
Pinjaman dari bank komersial biasanya menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi. Karenanya cobalah jenis bank lain (bank yang berbasis komunitas), terutama yang lebih banyak menyasar masyarakat menengah ke bawah yang ingin merintis usaha sendiri. Aspek-aspek itu memberikan ruang dan waktu yang memadai untuk mengembangkan bisnis Anda dan secara rutin melunasi utang yang Anda miliki.
Kredit Usaha Rakyat
Penyaluran kredit dilaksanakan oleh sejumlah bank-bank yang dikelola pemerintah. Syarat peminjaman lebih mudah dan suku bunganya ringan. Jika Anda sudah memiliki usaha yang nyata dan memang sudah menghasilkan laba tetapi selama ini belum dianggap memenuhi syarat oleh bank (bankable), KUR bisa dicoba. Beberapa bank terkemuka yang menawarkan KUR ialah Bank Mandiri dan Bank BNI.
Kompetisi business plan
Beberapa tahun terakhir, bermunculan banyak kontes startup dan business plan yang menawarkan hadiah yang tidak bisa dikatakan sedikit. Belum lagi kesempatan untuk memperkenalkan usaha ke khalayak ramai dan pembimbingan yang diberikan. Anda perlu memanfaatkan ini sebagai peluang untuk mendanai usaha baru yang masih haus modal.
Posting Komentar