do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 28 Oktober 2013

Bagaimana Menjadi Seorang entrapreneur.....

Menjadi seorang intrapreneur merupakan langkah awal untuk menapaki perjalanan menjadi entrepreneur. Intrapreneur sendiri adalah para pekerja profesional yang berpikir layaknya seorang entrepreneur, yakni menggunakan pola pikir yang inovatif dan tak gentar mengambil risiko, dan sebagainya. Hanya saja yang membedakan intrapreneur dari entrepreneur ialah kenyataan bahwa intrapreneur masih bernaung di bawah bisnis pihak lain.

Meski demikian, jangan remehkan peran intrapreneur unggul dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Mereka ini sama berharganya dengan entrepreneur. Intrapreneur cenderung akan lebih dihargai oleh orang-orang di sekitarnya karena dedikasi, inovasi dan semua yang mereka miliki tetapi tidak didapati pada karyawan pada umumnya. Seorang intrapreneur bisa dikatakan adalah karyawan yang terpilih dan berkualitas.
Lalu bagaimana agar Anda yang sekarang masih bekerja di bawah komando orang lain bisa menjadi seorang intrapreneur? Terdapat 3 langkah yang bisa dilakukan untuk itu.
Berpikirlah seperti seorang pemegang saham
Tanyakan banyak pertanyaan mengenai strategi dan apa yang membuat para pemimpin senantiasa terjaga pada malam hari. Fokuskan upaya, pembuatan keputusan, dan pekerjaan Anda pada hal-hal tersebut .
Fokuskan pada hal-hal berprioritas tinggi
Dengan manajer/ atasan Anda, temukan 2 atau 3 hal yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan pendapatan atau profitabilitas. Pastikan mayoritas upaya Anda tertuju pada bidang-bidang tersebut.
Konsentrasi
Jika atasan Anda meminta Anda melakukan pekerjaan di luar prioritas strategis tersebut, diskusikan untuk kembali berkonsentrasi pada prioritas yang lebih utama meskipun tentu Anda masih perlu mengerjakan hal-hal yang di luar prioritas tetapi pastikan jangan memakan sebagian besar waktu Anda bekerja. Buatlah keputusan yang penuh kesadaran untuk mengubah apa yang harus Anda lakukan jika memungkinkan. (*AP)
Posting Komentar