Sebagai seorang pengusaha, Anda seringkali harus meninjau anggaran
sekaligus membicarakan proyeksi anggaran bulan mendatang. Dalam sebuah
pembahasan mengenai anggaran, topik yang perlu dibahas adalah cara-cara
mengurangi atau mengendalikan biaya overhead untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Ketika
Anda mengembangkan bisnis, perlu kiranya membuat daftar biaya setiap
tahun maupun triwulanan untuk dicek dan audit kembali. Langkah ini
diharapkan bisa memotong biaya-biaya yang mungkin saja bisa meningkatkan
profitabilitas perusahaan.
Berikut adalah tujuh kategori biaya-biaya yang kita bisa membantu meningkatkan keuntungan perusahaan seperti dikutip laman ICN :
Biaya pengolahan kartu kredit
Setiap
usaha yang menggunakan transaksi mengunakan kartu kredit, hendaknya
meminta pengurangan biaya tahunan atau biaya minimal. Bicarakan hal ini
dengan pihak bank agar bisa memperoleh bunga yang termurah.
Hipotek
Jika
Anda mengelola bisnis sendiri yang pada gilirannya memiliki ruang kerja
(misalnya, gedung perkantoran, kondominium, dll), sekarang saatnya
untuk membiayai kembali biaya sewa. Suku bunga KPR kini berada di posisi
terendahnya. Sekarang adalah waktunya untuk mengunci suku bunga di
tingkat super rendah dan menyimpan uang untuk hari ini, besok, dan
sepanjang sisa hipotek Anda.
Hilangkan pembayaran berulang
Anda
sebaiknya senantiasa memeriksa tagihan kredit untuk melihat kemungkinan
adanya tagihan ganda. Seseorang yang memiliki kewaspadaan bisnis akan
melakukan hal ini setiap bulan. Tapi, minimal, semua pebisnis harus
meninjau catatan tagihan per kuartalan untuk pembayaran lama yang harus
dihentikan.
Kurangi penggunaan kertas
Mengapa
kita perlu mengurangi semua kertas itu? Dengan program komputer dan
kemampuan tanda tangan elektronik, penggunaan kertas untuk mencetak
telah menyusut drastis. Tambahkan lebih banyak sistem komputer yang
handal dengan layanan backup.
Jadi mulailah beralih untuk paperless tidak hanya akan menghemat biaya kertas, tetapi juga tinta yang digunakan untuk mencetak.
Pilih media iklan yang tepat
Berapa
banyak Anda menghabiskan biaya untuk iklan? Apakah Anda membayar iklan
per klik ? Apakah Anda melacak pengeluaran iklan Anda untuk memastikan
investasi Anda terbayar?
Anda mungkin kurang menyadari bahwa
perusahaan Anda sudah membayar ribuan dolar per bulan untuk program
biaya-per-klik tertentu yang tidak menghasilkan apapun. Orang-orang
menggunakan mesin pencari, sebagian besar menjadi pembeli modern melalui
internet. Mengklik tetapi tidak membeli. Dengan demikian, iklan yang
Anda keluarkan tersebut hanya untuk pengeluaran sia-sia.
Anda
harus mengevaluasi semua pengeluaran iklan untuk memastikan bahwa hal
tersebut layak untuk dijadikan investasi atau tidak. Tentu, orang akan
mengatakan merek dan menyampaikan kepada saya bahwa iklan memiliki dua
fungsi: penjualan langsung dan jangka panjang pengenalan merek. Yang
terakhir ini harus selalu diperhitungkan. Tapi, menurut pendapat saya,
jangka panjang harus selalu tunduk pada profitabilitas jangka pendek.
Cobalah belanja penyedia jasa layanan baru
Seiring
waktu, bisnis membutuhkan berbagai penyedia layanan. Dari penyedia
layanan Internet hingga jasa cleaning service yang membuat kantor
bersih. Seringkali, kita terlanjur puas dengan penyedia layanan yang ada
tanpa menyadari pembayaran yang kita berikan terus meningkat setiap
tahun.
Jangan biarkan ini terjadi. Saat ini banyak sekali penyedia
jasa pelayanan yang sebetulnya bisa memberikan fasilitas lebih baik.
Jadi simpanlah daftar penyedia layanan Anda dan tarif mereka. Biasakan
rutin belanja dengan hemat. (bn/dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar