do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Inilah Keuntungan Berinvestasi Saham

Saham, saat ini menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati. Mengapa diminati? Tentunya, saham menaawarkan hasil investasi. Secara umum terdapat dua keuntungan dengan berinvestasi saham.
Sebagai pemegang saham, Anda berhak mendapatkan dividen. Dividen adalah uang yang keluarkan perusahaan untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Seluruh  perusahaan yang beroperasi selalu memiliki tujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan. Tentu tujuan keuntungan tersebut untuk pemegang sahamnya.
Nah bila keuntungan tersebut tidak dipakai perusahaan untuk menambah investasinya (laba ditahan) maka dana hasil keuntungan tersebut dapat dibagikan dalam bentuk dividen. Dividen ini sangat ditunggu oleh investor jangka panjang karena sifatnya bunga deposito. Dividen ini dibagikan berdasarkan kesepakatan di RUPS (rapat umum pemegang saham). Secara umum dividen terbagi menjadi dua macam yaitu cash dividend berupa uang tunai yang dibagikan kepada pemegang saham serta stock dividend berupa saham sehingga menambah jumlah saham yang dimiliki.
Kedua, adalah capital gain atau selisih antara harga beli dan harga jual. Contohnya Anda membeli saham di harga Rp1.000 dan kemudian Anda menjual di harga Rp1.200. Dengan selisih tersebut maka capital gain Anda adalah Rp200. Capital gain bisa disebut keuntungan utama yang dikejar oleh para trader atau investor jangka pendek. Sedang dividen cenderung diharapkan oleh para investor jangka panjang. (as)
Posting Komentar