do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 02 Oktober 2013

Jangan Terlalu Sering Rapat!

menyelesaikan berbagai pekerjaan saat Anda harus bergelut dengan rapat yang terlalu sering? Tentu Anda tidak mungkin melakukannya.
Sebelum menerima undangan rapat, tanyakan pada diri Anda,"Jika saya sakit pada waktu rapat, akankah rapat itu dijadwal ulang?" Jika jawabannya tidak, tolaklah secara sopan undangan itu. Dan cobalah salah satu dari alternatif yang lebih hemat waktu:

Dapatkan agenda rapat sebelumnya
Mintalah pihak penyelenggara rapat beberapa hari sebelum hari H sehingga Anda bisa memberikan komentar Anda pada si penyelenggara rapat untuk berbagi informasi atas nama Anda. Jika ia tak memiliki agenda rapat yang jelas, permintaan Anda justru akan mendorongnya menyusun agenda rapat yang jelas sehingga efisiensi lebih terjaga.

Delegasikan!
Tugaskan orang lain, misalnya staf kepercayaan Anda, untuk menyampaikan sudut pandang atau opini Anda sebagai pimpinan bisnis. Jangan memaksakan diri untuk selalu hadir jika memang masih bisa didelegasikan.

Mintalah catatan rapat
Jika seseorang akan berbagi informasi penting namun Anda hanya mendengar saja, mintalah catatan rapat atau notulen setelah rapat usai. Atau minta kirimkan rangkuman hasil rapat atau poin-poin pentingnya ke email Anda sehingga bisa Anda baca ulang nantinya. (HBR/ *Akhlis)
Posting Komentar