do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Kiat Hadapi Orang Berkepribadian Sukar dalam Bisnis

Berhadapan dengan orang-orang yang berkepribadian sukar dapat membuat Anda merasa tidak berdaya. Apa yang bisa Anda lakukan jika klien Anda begitu menjengkelkan atau kolega Anda mengkritisi presentasi Anda? Anda bisa meningkatkan kondisi ini dengan baik melakukan 3 langkah berikut ini:

1. Ubah perhatian: Fokuskan diri Anda pada perasaan. Katakan sesuatu seperti,Saya merasa kesal karena saya tahu rapat ini penting dan saya sangat yakin dengan proposal saya. Ini membantu Anda menjaga kritik tetap netral sehingga Anda dapat menanggapi dengan lebih tenang dan berpikiran jernih.

2. Respon dengan pengamatan yang lebih netral: Menyerang kembali hanya akan memperburuk situasi. Sebuah pernyataan seperti di atas akan membuat pihak lain lebih tenang dan mundur perlahan.

3. Tanyakan pertanyaan yang mendalam: Misalnya, jika seorang klien tetap menerima panggilan via ponsel selama presentasi Anda, Anda dapat mengatakan,Saya tahu Anda sibuk, apakah ada alasan saya tidak bisa mencari perhatian Anda? Sebuah pertanyaan membantu orang lain menjadi lebih sadar dengan perilakunya, dan ia mungkin akan mengubahnya. (berbagai sumber/*Akhlis)

Tidak ada komentar: