Berhadapan
dengan orang-orang yang berkepribadian sukar dapat membuat Anda merasa
tidak berdaya. Apa yang bisa Anda lakukan jika klien Anda begitu
menjengkelkan atau kolega Anda mengkritisi presentasi Anda? Anda bisa
meningkatkan kondisi ini dengan baik melakukan 3 langkah berikut ini:
1. Ubah perhatian:
Fokuskan diri Anda pada perasaan. Katakan sesuatu seperti,Saya merasa
kesal karena saya tahu rapat ini penting dan saya sangat yakin dengan
proposal saya. Ini membantu Anda menjaga kritik tetap netral sehingga
Anda dapat menanggapi dengan lebih tenang dan berpikiran jernih.
2. Respon dengan pengamatan yang lebih netral:
Menyerang kembali hanya akan memperburuk situasi. Sebuah pernyataan
seperti di atas akan membuat pihak lain lebih tenang dan mundur
perlahan.
3. Tanyakan pertanyaan yang mendalam:
Misalnya, jika seorang klien tetap menerima panggilan via ponsel selama
presentasi Anda, Anda dapat mengatakan,Saya tahu Anda sibuk, apakah ada
alasan saya tidak bisa mencari perhatian Anda? Sebuah pertanyaan
membantu orang lain menjadi lebih sadar dengan perilakunya, dan ia
mungkin akan mengubahnya. (berbagai sumber/*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar