do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 02 Oktober 2013

Kreativitas Itu Penting Untuk Mendorong Kemajuan Bisnis

Kreativitas ternyata bukan hanya untuk bisnis yang masuk dalam kelompok ekonomi kreatif semata. Ya, bila bicara soal fashion, musik, film dan sebagainya yang kini digolongkan sebagai ekonomi kreatif, terkesan bahwa sisi kreativitas lebih berguna untuk jenis bisnis tersebut.
Tetapi ternyata bisnis seperti laundry, berjualan makanan dan minuman dan sebagainya, juga membutuhkan kreativitas, tak hanya dari sisi produk yang dihasilkan, melainkan menciptakan metode pemasaran yang efektif menjual produk yang memiliki sangat banyak saingan di pasaran.
Bahkan, pada tingkat yang lebih tinggi, perbedaan kreativitas untuk produk sejenislah yang akan menentukan sebuah bisnis bertahan dan maju, atau sekadar stagnan, bahkan mandek, lantaran kurang kreatif dalam berusaha.
Jadi, apa saja kreativitas yang dibutuhkan untuk menjadi pebisnis yang sukses? Simak ini:
Kenali pola yang umum dalam hal yang berbeda. Akibat mempelajari kebiasaan dan rutinitas, ide baru terkadang terdengar sama dengan yang lama. Orang-orang kreatif mendapatkan hasil dari mengombinasikan hal-hal yang justru tidak umum.
Menantang perubahan dengan mengganti tantangan. Mengubah cara pandang terhadap sesuatu, maka hal yang Anda lihat akan berubah. Hal yang terus menerus dan terjadi berulang kali akan menghalangi visi dan menempati imajinasi Anda. Kadang sangat berguna untuk membayangkan pendekatan yang bertolak belakang, atau bekerja dengan urutan yang terbalik.
Berpikir tentang hal yang tak terpikirkan. Kita perlu melakukan cara untuk mengacaukan imajinasi, demi mengeksplorasi batasan terluar atau alternatif, supaya kita dapat memperoleh hasil yang tidak biasa.
Pelaksanaan adalah kunci dari berpikir kreatif. Kebanyakan seniman gagal dalam pelaksanaan. Anda harus melakukan segala sesuatu secara berurutan.
Anda adalah apa yang Anda bayangkan. Perilaku memengaruhi sikap, tetapi sikap juga memengaruhi perilaku. Kenyataan adalah apa yang Anda inginkan.
Posting Komentar