Menjalankan bisnis atau kantor membutuhkan berbagai keterampilan, namun
yang paling penting adalah kemampuan untuk mengelola orang yang bekerja
di bawah Anda. Sebuah gaya manajemen yang efektif dapat membuat semua
perbedaan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan sesuai
anggaran. Manajer yang baik harus memiliki beberapa teknik yang berbeda
untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut beberapa hal yang harus
diperhatikan:
DelegasiTidak ada yang bisa
melakukan segalanya. Inilah sebabnya mengapa Anda memiliki karyawan.
Manajer harus menahan keinginan untuk mencoba melakukan pekerjaan
karyawan. Manajer yang baik mampu melakukan delegasi terhadap pekerjaan
yang dapat dilakukan oleh bawahannya.
Manajemen konflikHal
ini penting dikuasai karena orang-orang yang terlibat kadang-kadang
terjadi konflik. Manajer yang baik harus mampu menemukan cara untuk
menenangkan keadaan tersebut.
KonsultasiTidak
ada orang yang bisa tahu segalanya. Sementara manajer menjalankan
kantor mungkin menjadi orang yang paling berpengalaman, namun
pengetahuan kolektif dan kemanfaatan dari seluruh staf jauh lebih besar
manfaatnya. Untuk alasan ini, merupakan ide yang baik bagi manajer untuk
berkonsultasi dengan karyawan, terutama ketika membuat keputusan yang
mungkin mempengaruhi bagaimana mereka melakukan pekerjaan mereka.
Otokratis
Dalam
beberapa situasi, gaya konsultasi dan kerjasama yang santai harus
dibuang. Manajer yang baik tahu kapan waktunya untuk mulai mengeluarkan
perintah tegas kepada karyawannya. Ini semacam gaya otokratis yang
paling sering dibutuhkan saat keadaan darurat atau beberapa situasi yang
tak terduga yang membutuhkan penyesuaian yang cepat. (*/AS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar