do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Memecahkan Masalah dengan Langkah Sederhana

Masalah, dalam penuturan Wikipedia, merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. Masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang harus diselesaikan. Umumnya, masalah disadari ada saat seseorang menyadari bahwa keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang ia inginkan.
Apapun definisinya, dalam dunia entrepreneurship, masalah akan selalu membayang-bayangi entrepreneur meski ia telah berusaha keras untuk menghindarinya. Mulai dari masalah sepele seperti peniruan produk hingga masalah besar yakni kebangkrutan, masalah takkan mampu terelakkan.
Sebagai entrepreneur sejati, Anda tak perlu khawatir pada masalah yang akan menghadang langkah bisnis Anda menuju kesuksesan. Nah, bila Anda menemui sejumlah masalah dan harus menyelesaikannya secepat mungkin, pakailah cara sederhana yang dilansir dari laman HowToDoThings berikut ini.
Identifikasikan masalah
Sebagian orang mengeluhkan masalah yang muncul secara kompleks. Bila demikian, identifikasi pokok masalah. Setelah ditemukan, Anda akan dengan mudah menjabarkan penyebab serta fakta mengenai situasi yang menyelimuti permasalahan tersebut.
Cara sederhana untuk mengidentifikasi pokok masalah adalah dengan mengajukan pertanyaan untuk diri sendiri dengan diawali kata tanya mengapa? seperti misalnya mengapa ini terjadi?, mengapa mereka melakukannya? dan sebagainya.
Jawaban atas pertanyaan itu akan membawa Anda pada pokok masalah dan sesudah ditemukan harus segera dicara pemecahannya. Bila tidak, masalah hanya akan menggantung dan terus menggantung tanpa ada jalan keluarnya.
Solusi alternatif
Setiap masalah memiliki jalan keluar. Memang takkan mudah menemukannya, tapi solusi pasti selalu ada bila kita mencermatinya. Nah, bila Anda cukup jeli melihat pokok masalah yang menjadi akar permasalahan, solusi yang tercipta bukan tak mungkin lebih dari satu dan bisa digunakan sebagai solusi alternatif.
Bila Anda menemukan lebih dari satu solusi, jabarkan keunggulan serta kelemahan masing-masing solusi. Ajak partner bisnis atau seseorang yang sangat Anda percaya untuk sekedar membahas satu per satu solusi itu atau mendisuksikannya untuk menentukan solusi yang tepat dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.
Menemukan solusi alternatif mungkin kedengarannya tak masuk akal atau sangat sulit dilakukan. Tapi, jangan remehkan ide-ide yang muncul saat Anda memikirkan jalan keluar atau ketika sedang membahasnya dengan partner bisnis. Sebab, ide itu bisa saja cara yang tepat untuk menyelamatkan Anda dari permasalahan yang tengah membelit usaha Anda, terlebih saat Anda merasa sudah tak ada lagi jalan keluar.
Implementasikan solusi
Ini adalah langkah yang paling penting. Mengidentifikasi masalah, mencari akar permasalahan dan menjabarkan beragam solusi takkan berarti apa-apa bila Anda tak berani mengimplementasikannya untuk memecahkan masalah. Setelah menentukan solusi yang tepat, segeralah mengimplementasikannya. Menunda pelaksanaannya hanya akan membuat masalah itu semakin rumit.
Perlu diingat, dalam memecahkan masalah jangan biarkan emosi dan rasa panik membelenggu pemikiran Anda. Tenangkan diri terlebih dahulu sebelum memikirkan beragam cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. (*/ely)
Posting Komentar