do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Memunculkan Rasa Berterimakasih dalam Tim Anda

para pegawai merasa sudah dihargai sebagaimana harapan mereka, mereka akan merasakan tingkat kepuasan yang lebih tinggi, bersedia dan mau untuk bekerja dengan lebih keras dan dalam waktu yang lebih panjang dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik demi keberlangsungan perusahaan.
Sebagai seorang entrepreneur dalam sebuah usaha yang baru berkembang, Anda juga perlu menyadari pentingnya rasa dihargai dalam diri tiap-tiap karyawan yang Anda bina. Di samping banyak mengucapkan terima kasih dalam kegiatan sehari-hari, Anda juga dapat menumbuhkan budaya berterima kasih yang lebih dalam dengan melakukan beberapa hal berikut:
  • Mengembangkan kualitas pegawai: Para karyawan ingin berkembang, dalam berbagai aspek. Jika peluang dipromosikan jabatan memang kurang memungkinkan, Anda dapat menempuh jalan lain yakni dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan  kualitas profesional. Caranya dengan mengikuti berbagai pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan mereka, memberikan tugas bagi pegawi untuk menyelesaikan sebuah proyek baru yang menantang, dan membuka jalan mereka ke berbagai bagian lain di perusahaan jika memungkinkan. Di sana mereka akan lebih banyak belajar.
  • Libatkan mereka: berikan pegawi Anda peluang untuk memainkan berbagai peran penting dalam pengambilan berbagai keputusan strategis dan pemecahan masalah pelik yang mengadang perusahaan sehingga mereka mengetahui bahwa ketrampialn dan wawasan mereka sangat berguna dalam memajukan perusahaan.
  • Mendukung kekompakan tim bisnis: Doronglah persaudaraan yang erat di antara pegawai dan Anda sebagai pemimpin bisnis, bantulah mereka untuk menghilangkan perilaku tim yang disfungsional dan destruktif serta menghancurkan masa depan tim. Tak kalah penting yaitu penciptaan peluang bagi anggota tim dalam berinteraksi dengan sesama anggota tim di luar konteks pekerjaan sehingga terjalin atmosfer penuh keakraban. (HBR/*Akhlis)
Posting Komentar