do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Pentingnya Manajemen dalam Berbisnis

Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi, dan penjualan berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas.

Dalam topik permasalahan ini, artikel ini akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek penting yang harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur dalam menghindari risiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis yang dijalani. Maka dari itu ilmu manajemen merupakan pokok yang penting dalam berbisnis sebab sedikit kesalahan dalam manajemen akan berakibat fatal kedepannya.

Selain ilmu manajemen, sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar bisnis angkat bicara, bahwa untuk memulai usaha kita perlu merekrut pegawai yang tepat sehingga berpotensi dapat menutup kelemahan manajemen. Dengan memilih SDM yang tepat maka kita sudah \setengah jalan menuju kesuksesan. Di sini kami akan membahas bagaimana memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai kebutuhan dalam berbisnis.

Manajemen SDM secara umum masuk ke dalam sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dengan memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja. Dengan kinerja pegawai yang meningkat juga akan memaksimalkan kinerja perusahaan.

Dalam memulai usaha, setiap calon entrepreneur umumnya akan mengalami banyak permasalahan. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan, dan pembuatan keputusan yang salah. Kreativitas bersifat "berpikir keluar dari kotak" atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha Anda dalam menggapai tingkat keberhasilan.

Kreativitas juga akan membantu Anda untuk menyesuaikan produk-produk yang dihasilkan agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha.

Jiwa kepemimpinan pun sangat penting dalam membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha Anda bekerja sesuai dengan target. Anda dapat menjadi "solusi" atas semua permasalahan dan menjadi panutan. (*/DI)
Posting Komentar