Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang
baik untuk memastikan proses produksi, distribusi, dan penjualan
berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan
adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja
yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi
pekerjaan yang tidak jelas.
Dalam topik permasalahan ini, artikel
ini akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek penting yang
harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur dalam menghindari risiko
manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis yang dijalani. Maka
dari itu ilmu manajemen merupakan pokok yang penting dalam berbisnis
sebab sedikit kesalahan dalam manajemen akan berakibat fatal kedepannya.
Selain
ilmu manajemen, sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kunci
keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar bisnis angkat
bicara, bahwa untuk memulai usaha kita perlu merekrut pegawai yang tepat
sehingga berpotensi dapat menutup kelemahan manajemen. Dengan memilih
SDM yang tepat maka kita sudah \setengah jalan menuju kesuksesan. Di
sini kami akan membahas bagaimana memahami kriteria pegawai yang baik
dan sesuai kebutuhan dalam berbisnis.
Manajemen SDM secara umum
masuk ke dalam sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai
akan merasa puas dengan memotivasi pegawai baik secara psikologi umum
maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja. Dengan
kinerja pegawai yang meningkat juga akan memaksimalkan kinerja
perusahaan.
Dalam memulai usaha, setiap calon entrepreneur
umumnya akan mengalami banyak permasalahan. Banyak kegagalan terjadi
karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan, dan pembuatan keputusan yang
salah. Kreativitas bersifat "berpikir keluar dari kotak" atau kemampuan
melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan
mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha Anda
dalam menggapai tingkat keberhasilan.
Kreativitas juga akan
membantu Anda untuk menyesuaikan produk-produk yang dihasilkan agar
dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam
membangun usaha.
Jiwa kepemimpinan pun sangat penting dalam
membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha Anda
bekerja sesuai dengan target. Anda dapat menjadi "solusi" atas semua
permasalahan dan menjadi panutan. (*/DI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar