do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Perlunya Debat Terbuka untuk Pemecahan Masalah

Setiap orang ingin menyenangkan atasannya yang mengambil risiko bahwa ia akan menjadi orang terakhir yang mengetahui bahwa perusahaannya menyimpan masalah.

Dieter Zetsche, pimpinan Daimler AG dan kepala Mercedes Benz Cars mengatakan bahwa: Semakin tinggi Anda meniti tangga, semakin banyak orang yang akan berkata pada Anda betapa hebatnya Anda. Jebakan paling mematikan ialah mempercayai perkataan mereka. Penting untuk bisa mendorong orang agar memberikan umpan balik dan menolak jika mereka memiliki pendapat yang berbeda. Anda akan kehilangan sentuhan dan akhirnya membuat keputusan yang sangat bodoh.

Alan Mulally, presiden dan CEO Ford Motor Company, memperkenalkan rapat kepemimpinan mingguan yang dihadiri wakil setiap departemen untuk memberi ulasan tentang indikator-indikator penting untuk tiap proyek, yang dilambangkan dengan kode warna khas lampu lalu lintas: merah, oranye, atau hijau untuk melambangkan status proyek. Saya ingat minggu-minggu pertama, kami melaksanakan prosesnya, semua orang berangsur terbiasa dengannya, dan tampaknya semua berjalan baik-baik saja. Dan kemudian semua daftar lampu itu perlahan terisi dan kemudian semuanya berubah menjadi hijau dan saya menghentikan rapat dan berkata, Teman-teman, kita baru saja kehilangan 12 miliar dollar! Dan semuanya berwarna hijau? Tidak adakah beberapa hal yang membutuhkan perhatian lebih? Dan di minggu berikutnya. Karena Anda harus memastikan semua aman dan begitu Anda mengancam, akan kurang nyaman untuk menunjukkan pada Anda bagaimana keadaan yang sebenarnya, semuanya akan menjadi hijau bukan? Maka dari itu, minggu berikutnya, buum. Muncullah warna merah menyala.
Mulally memberikan tepuk tangan bagi pemberi lampu merah itu dan bertanya pada si manajer proyek tentang apa yang ia butuhkan untuk bisa menyelesaikan masalah itu. Peluncuran telah semakin dekat, akan dibutuhkan lebih banyak dukungan manufaktur dan teknis untuk bisa meluncurkan mobil tersebut sesuai jadwal. Tim mendiskusikan masalah-masalah dan menawarkan secara sukarela bantuan dari departemen mereka. Tiga minggu kemudian proyek tersebut ditandai dengan lampu oranye dan dua minggu berikutnya menjadi hijau.

Setelah pengalaman ini, anggota tim lebih siap untuk bersikap jujur dalam penilaian mereka dan tak ragu menunjukkan masalah yang ditemui. Orang cenderung memberikan berita bagus saja kepada pemimpinnya dan cenderung menunjukkan sisi terbaik dari sebuah situasi daripada menunjukkan masalah yang sebenarnya.Bantuan bisa diberikan dan solusi bisa ditemukan hanya jika masalah sudah ditemukan. Tim harus didorong untuk menunjukkan akar masalah dengan jujur dan berdebat dengan mereka secara terus terang.Pemimpin bisa menghalangi proses ini dengan bereaksi secara negatif pada berita bagus dan berteriak pada si pembawa pesan.Debat yang terbuka dan tidak menghakimi harus didukung agar dapat menunjukkan masalah yang sebetulnya sehingga tim bisa mencari solusi. (*/Akhlis)
Posting Komentar