do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Pilih Karyawan Anda dengan Tepat

Saat Anda sudah mempunyai konsep bisnis yang matang dan sudah mempunyai strategi yang siap diimplementasikan, ini berarti saatnya Anda mencari karyawan yang tepat untuk bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.

Dalam merekrut karyawan butuh keahlian untuk menseleksi bakat, keahlian, pengalaman, karakter dan juga potensi yang tersimpan. Kesalahan menempatkan karyawan biasanya menimbulkan kerugian secara materi yang tidak sedikit atau bahkan Anda bisa kehilangan pelanggan. Beberapa tips seleksi karyawan sebagai berikut:

Buatlah daftar kebutuhan Anda

Saat Anda sudah menentukan posisi dan jumlah karyawan yang Anda butuhkan, buatlah daftar keahlian dan sikap yang dibutuhkan dari kandidat yang dicari. Misalnya ketika Anda mencari seorang programmer, daftar keahlian yang harus dimiliki adalah mengerti pemrograman php, html, cms, css dan sebagainya. Kandidat juga harus punya sikap: inisiatif, ulet, informatif, hormat pada atasan dan bisa memimpin tim kecil. Buat cek list untuk semua kandidat Anda dan bandingkan mana yang lebih baik.

Utamakan dari internal bisnis Anda

Utamakan karyawan lama Anda. Mungkin karyawan Anda saat ini bisa dilatih untuk menduduki jabatan yang lowong tersebut walaupun perlu sedikit training. Mengutamakan karyawan lama lebih baik karena mereka punya pengalaman bekerja untuk Anda.

Cari yang ahli jangan yang mempesona

Pilih karyawan yang sesuai dengan posisi yang Anda cari dan sudah pernah punya pegalaman di posisi tersebut. Kandidat harus memiliki keahlian dan pengalaman untuk posisi tersebut. Misalnya untuk tenaga penjual bisnis Anda, sebaiknya dipilih orang yang menarik secara penampilan, ramah dan ulet. Jangan memaksakan posisi yang sebenarnya kurang pas kepada kandidat walaupun dia punya keahlian yang membuat Anda terpesona yang sebenarnya tidak sesuai dengan posisi yang Anda cari.

Diterima dalam tim

Cari kandidat yang mandiri dan bertanggung jawab, respek pada Anda dan pada kawan satu timnya. kandidat juga harus diterima dengan baik dalam tim. Sebagus apapun karyawan Anda bila dia tidak diterima dalam tim dapat menimbulkan ketidakharmonisan tim dan merugikan bisnis Anda. Salah satu cara mengetahui apakah dia dapat diterima tim adalah dengan melibatkan salah satu karyawan Anda dalam seleksi sehingga kandidat yang diterima akan cocok buat Anda dan buat tim.

Beri masa percobaan

Jangan mudah percaya apa yang kandidat tulis dalam pengalaman kerja mereka. Jangan juga terpesona hasil wawancara dengan kandidat. Adakan masa percobaan 13 bulan. Bila Anda terlanjur mempekerjakan kandidat yang tidak sesuai dengan kemampuan yang dia tulis dalam surat lamaran, Anda berhak memberhentikan dia. Jangan sekali-kali merekrut karyawan jika Anda punya sedikit saja timbul rasa ragu akan kemampuannya. Kandidat juga harus memiliki kompetensi dan nilai yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.

Ketika Anda telah memilih karyawan yang tepat, berikan ia pendidikan, training dan pengembangan keahliannya. Buat dia merasa betah bekerja untuk Anda. Beri insentif saat dia memberikan kontribusi positif untuk bisnis Anda. Setiap karyawan butuh dikenal, dihargai dan diapresiasi. Beri perhatian bukan semata-mata harus bersifat materi tapi berikanlah empati. (*/ukmsukses.com/ian)
Posting Komentar