Sangat banyak orang yang bekerja keras membanting tulang dalam pekerjaan
yang membuat mereka hanya merasakan ketidakpuasan setelahnya. Untuk
menghindari atau memperbaiki hal itu, temukan posisi yang memungkinkan
Anda untuk melakukan 3 hal berikut ini.
Apa yang Anda suka kerjakan
Jika
apa yang Anda nikmati untuk kerjakan selama bertahun-tahun adalah suatu
pekerjaan dengan hasil yang berguna bagi orang lain, maka seharusnya
pekerjaan itu menjadi bagian dari karir Anda.
Apa yang Anda lakukan dengan paling baik
Banyak
orang menghabiskan waktu selama bertahun-tahun mencoba untuk
meningkatkan dan memperbaiki hal-hal yang menjadi kelemahan mereka.
Fokuskan energi Anda untuk menguasai apa yang menjadi kelebihan Anda.
Sempurnakan kelebihan karena itu terasa lebih ringan tetapi efektif,
daripada menghabiskan tenaga untuk memperbaiki kelemahan. Bagaimana pun
kerasnya Anda memperbaiki kelemahan, kelemahan itu akan selalu muncul.
Jadi lebih baik alihkan energi untuk maksimalkan potensi positif
terbesar Anda.
Apa yang paling berguna untuk perusahaan
Pikirkan
bagaimana kelebihan utama Anda bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk
memperbaiki perusahaan atau tempat Anda bekerja. Sebuah perasaan
berkontribusi akan membuat Anda lebih merasa terlibat dalam perusahaan.
Jika
peran Anda sekarang tidak memnuhi semua itu, bicarakanlah dengan
orang-orang di sekitar Anda terutama mentor atau orang yang Anda anggap
lebih berwenang untuk memberikan saran terbaik mengenai perubahan
tanggung jawab apakah yang seharusnya Anda lakukan. (*/Diadaptasi dari
Managing Yourself: What Brain Science Tells Us About How to Excel oleh
Edward M. Hallowell/AP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar