do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Resep Jitu Efisiensi di Tengah Krisis Global

Krisis global yang terjadi saat ini tak pelak mengharuskan bisnis untuk menjadi semakin efisien, disebabkan permintaan yang kini menurun. Alternatif apa sajakah yang dimiliki perusahaan dalam memangkas biaya di tengah krisis global?

Pemangkasan biaya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena punya dampak langsung terhadap profitabilitas dan daya saing dalam jangka panjang. Oleh karena itu, maka pemangkasan biaya yang dilakukan harus selaras dengan strategi yang diambil serta harus mempertimbangkan profitabilitas dan daya saing dalam jangka panjang.

Misalnya, pemangkasan dalam R&D, marketing dan belanja modal mungkin dalam jangka pendek dapat menekan biaya. Hanya saja, pengaruhnya bisa negatif terhadap profitabilitas dalam jangka panjang. Berikut ini adalah alternatif-alternatif pemangkasan biaya lainnya yang dapat Anda lakukan:

OutsourcingSupaya menjalankan bisnis lebih efektif dan efisien, maka outsourcing menjadi sebuah opsi yang makin banyak dilirik. Outsourcing umumnya dilakukan untuk bagian-bagian yang bukan merupakan operasi utama, melainkan dukungan dari bisnis seperti IT, HR, dan lainnya. Mengapa outsourcing? Hal ini karena outsourcing memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada apa yang menjadi operasi utama mereka, sehingga bisnis bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Purchasing cost
Evaluasi purchasing cost dari produk ataupun bahan baku yang kini Anda gunakan. Untuk menekan cost, usahakan untuk melakukan negosiasi harga terhadap kontrak sekarang. Apalagi jika Anda sebagai pembeli mempunyai bargaining power of buyer yang tinggi, maka Anda berpotensi untuk memperoleh harga yang lebih bersaing. Temukan juga opsi supplier lainnya yang dapat menyediakan Anda produk/bahan baku yang lebih murah, dengan kualitas yang sama.

Transportation cost

Krisis tentunya mengakibatkan permintaan Anda menurun, sehingga, ini saatnya untuk mengevaluasi biaya transportasi Anda. Dengan kondisi permintaan yang berbeda, mungkin saja sebenarnya terdapat rute transportasi yang lebih optimal dan dapat meminimalisir biaya. Evaluasi dapat Anda gunakan dengan berbagai metode transportasi, mulai dari metode Northwest, Minimum Cost, Stepping Stone, hingga Modified Distribution dan lainnya demi memperoleh biaya yang paling efisien dan efektif.

Service cost

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah service cost kepada para pelanggan, yang kemungkinan bervariasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu menangani service cost supaya lebih optimal.

Misalnya, kita memasok produk ke dua ritel yang punya banyak cabang, yakni A dan B. Ritel A melakukan pemesanan secara terpusat, sehingga memungkinkan sekali pemesanan untuk seluruh cabangnya. Sementara ritel B berbeda, yakni masing-masing cabang melakukan pemesanan terpisah. Dalam kasus seperti ini, tentunya pemesanan seperti ritel A lebih optimal, karena pemesanan terpusat, sehingga lebih efisien dan praktis, karena pengiriman hanya sekali, juga penagihannya terpusat.

Salary expense

Salah satu opsi yang seringkali diambil oleh perusahaan adalah melakukan downsizing, PHK hingga menurunkan gaji dan benefit. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana daya saing perusahaan nantinya jika perekonomian sudah pulih? Bagaimana jika kebijakan perusahaan justru mendorong orang-orang penting untuk keluar dan beralih ke pesaing? Sehingga, perusahaan harus melakukan penyesuaian dengan terlebih dahulu melakukan pertimbangan-pertimbangan tersebut.

Other costs

Terakhir, cari pos-pos lain dimana biaya bisa ditekan, yakni pos-pos yang tidak menambahkan value added secara signifikan ke dalam bisnis. Misalnya, travel yang lebih murah untuk perjalanan dinas, kurangi fasilitas mewah, kurangi snack ketika meeting, kurangi renovasi interior yang tidak perlu, dan sebagainya.

Demikian adalah beberapa alternatif pemangkasan biaya yang dapat dilakukan bisnis. Memangkas biaya dengan penuh pertimbangan akan memungkinkan suatu bisnis berjalan secara efektif dan efisien, serta tetap berdaya saing di tengah hantaman krisis global.

Tidak ada komentar: