do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Tipe-tipe Manajer yang Patut Diketahui

Untuk menganalisis tipe manajerial seseorang memang tidak mudah. Diperlukan kejelian karena cara berkomunikasi tiap orang berbeda. Akan tetapi jika Anda seorang pemilik bisnis, Anda perlu memiliki sebuah alat untuk membantu menemukan manajer yang tepat.
Berikut ini merupakan sejumlah tipe manajer. William Marstone menemukan sejumlah tipe manajer khas yang ditemui dalam dunia korporasi.Tidak ada yang buruk asalkan Anda mampu menempatkan mereka dalam posisi yang sesuai, dan memperbaiki kelemahan mereka jika memungkinkan.
Manajer Tipe D
Mereka memerlukan ruang untuk menunjukkan eksistensi diri. Mereka suka bergerak secara pro aktif, tanpa didorong. Manajer tipe ini suka merundingkan (tetapi tidak komplain) mengenai hal-hal yang mereka anggap tidak dilakukan dengan benar. Jika tak ditanggapi, manajer ini akan menjadi "perongrong".
Manajer Tipe S
Manajer jenis ini menyukai perilaku dan sikap kerja yang lebih tenang dan pasif. Mereka menunggu perintah atasan. Mereka hindari konflik dengan cara apapun sehingga cenderung membatasi input yang sebenarnya bisa memajukan perusahaan. Mereka memendam kenyataan pahit yang terjadi di lapangan. Namun, tipe S ini termasuk orang yang loyal pada perusahaan. Untuk memperbaiki ketertutupan mereka, Anda perlu mengajak bicara secara bertahap dan pribadi sehingga mereka dapat berbicara jujur dan terbuka lebih leluasa. Saat Anda sebagai pemilik bisnis menunjukkan ketulusan dalam berkomunikasi, tak mustahil mereka akan membuka diri dengan sendirinya.
Manajer Tipe I
Mereka ini tipe yang jarang berpikir pesimistis tentang perusahaan. Mereka selalu cerah dalam berpandangan. Kekurangan mereka ialah ketuntasan pekerjaan yang rendah. Disiplin dalam memenuhi tenggat waktu juga relatif rendah. Mereka lebih berpikir superficial sehingga suka menonjol dan menunjukkan penampilan yang baik di depan publik. Manajer tipe I juga dikenal lihai public speaking.
Manajer Tipe C
Manajer jenis C fokus pada penyelesaian pekerjaan dan ketelitian dalam bekerja. Mereka prosedural dan analitis sehingga sesuai ditempatkan di kantor. Namun, mereka cenderung antipati pada perubahan mendadak. Karenanya, Anda perlu memperkenalkan sesuatu yang baru pada mereka secara lebih bertahap.
Manajer tipe apa yang Anda perlukan dalam usaha Anda sekarang? Jangan sampai salah pilih karena itu menentukan kelancaran berbisnis juga. (*AP)
Posting Komentar